PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA TOKO PUTRA HARAPAN PEKANBARU

Authors

  • Firmansyah Firmansyah STIE Mahaputra Riau
  • Fery Wongso STMIK Dharmapala Riau

DOI:

https://doi.org/10.56445/jme.v2i2.72

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Kualitas Pelayanan, Kepuasan dan Loyalitas

Abstract

Tujuan dari penelitian yang dihasikan yaitu untuk dapat mengetahui sejauhmana pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Putra Harapan Pekanbaru. untuk dapat mengetahui sejauhmana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Putra Harapan Pekanbaru, dan untuk dapat mengetahui sejauhmana pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Toko Putra Harapan Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah pengunjung Toko Putra Harapan Pekanbaru yang datang untuk melakukan memutuskan pembelian, dengan jumlah populasi besaran angka tidak dapat diketahui maka jumlah sampel penelitian didapatkan sebanyak 96 orang responden. Hasil penelitian ini yaitu komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Harapan Baru Pekanbaru, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Harapan Baru Pekanbaru, komunikasi interpersonal dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Harapan Baru Pekanbaru, dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Toko Harapan Baru Pekanbaru

References

Bahrudin Muhammad dan Siti Zuhro, 2015. Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Islam, Volume 3, Nomor 1, Juni.

Hendryadi, 2019, Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam. Prenada Media Grup, Jakarta.

Ismail Taupik dan Ramayani Yusuf, 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung. JIMEA (Jurnal Ilmiah MEA), Volume 5, Nomor 3.

Perdana Ari Anugrah Putra, Hairunnisa, dan Muhammad Fikri Aransyah, 2020. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kepuasan Konsumen Go-Ride Kecamatan Sambutan. Jurnal Jurnalisme, Volume 7, Nomor 2, Oktober.

Rohana Tulus, 2020.Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilman, Volume 8, Nomor 1.

Putri Novia Hardiyanti, 2016. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Psikoborneo, Volume 4, Nomor 2.

Sekaran, Uma. 2011. Metode Penelitian Untuk Bisnis. Salemba Empat, Jakarta.

Sholeha Ludviyatus, Sutrisno Djaja, dan Joko Widodo, 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di AHASS Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Sosial, Volume 12, Nomor 1.

Sulistyawati Ni Made Arie, dan Ni Ketut Seminari, 2015.Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar. E-Jurnal Manajemen Unud, Volume 4, Nomor 8.

Weningtyas Enggarayu dan Miftahun Ni’mah Suseno, 2012. Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Psikologika, Volume 17, Nomor 1.

Downloads

Published

2023-02-07

Issue

Section

Articles