ANALISIS MANAJEMEN PARIWISATA BERBASIS CAGAR BUDAYA POTENSI BAGANSIAPIAPI MENUJU KOTA PUSAKA
DOI:
https://doi.org/10.56445/jme.v2i1.64Keywords:
Pariwisata, Cagar Budaya, Kota Pusaka, Bagansiapi ApiAbstract
Begitu panjangnya sejarah Kota Bagan Siapi dari kedatangan bangsa china dan kolonial belanda meninggalkan banyak peninggalan sejarah yang dapat menjadi ikon wisata sejarah dan budaya di Kota Bagan Siapi-Api ,Niat Gubernur Riau untuk menjadikan Kota Bagan Siapi-api menjadi Kota Pusaka di Indonesia , Banyaknya peninggalan sejarah di Kota Bagan Siapi-Api harus di sikapi denganĀ baik untuk pendataan ulang dan memaksimalkannya menjadi objek wisata sejarah yang potensial sehingga Kota Bagan Siapi-Api dapat layak menjadi Kota Pusaka di Indonesia
Di Kota Bagansiapi Api terdapat peningalan sejarah berbasis Cagar Budaya yaitu Rumah Kapitan Bagan, Klenteng Ing Hok King dan Gereja Katolik St Petrus sedangkan Situs Sedinginan dan Candi Sintong di Tanah Putih, Sedangkan masih banyak peninggalan sejarah belum berstatus Cagar Budaya seperti Pelabuhan Lama Bagan dan Kantor Bea Cukai, Bank BRI nomor dua di Indonesia, Tugu Perjanjian Setan dan Manusia, Menara Air/Water Leeding Peninggalan Belanda , Arena Bakar Tongkang, Meriam Peninggalan Portugis dan Tiang Kayu Listrik dari Kayu peninggalan perusahaan Belanda, Kesimpulan bahwa potensi pariwisata di Kota Bagansiapi-api besar, tapi belum banyak berstatus sebagai cagar budaya yang menjadi syarat menuju Kota Pusaka, Saran dalamĀ penelitian ini semoga Pemerintah Daerah Rokan Hilir meningkatkan status peninggalan sejarah menjadi Cagar Budaya sehingga menjadikan Kota Bagansiapi Api menjadi Kota Pusaka di Indonesia
References
Aryanto, R. (2018). Jurnal Ilmu Sosial, Analisis dampak ekonomi dari kebudayaan bakar tongkang di Bagansiapiapi Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir.
Attahiyyat, Candrian, H. 2000. Bangunan Cagar Budaya di Propinsi DKI Jakarta.Jakarta:DinasMuseum.
Dyas Larasaty, Potensi Wisata dalam Pembentukan City Branding Kota Pekanbaru, Jurnal Komunikasi
Hamidy, UU,2009, Jagad Melayu Dalam intasan Budaya di Riau, Bilik Kreatif Press.
Haudi, H., Handayani, W., Musnaini, M., Suyoto, Y., Prasetio, T., Pitaloka, E., ... & Cahyon, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data and Network Science, 6(3), 961-972.
Haudi, H., Rudy, R., & Grace, G. KONSEP EKONOMI DALAM PERSPEKTIF BUDDHIS.
https://rohilkab.go.id/pages/sejarah-singkat-rokan-hilir
Marni, Tien, 2009, Yang Berfaedah Dalam Kisah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi RIAU
Peraturan Daerah Provinsi Riau No 15 Tahun 2015 tentang Cagar Budaya
Rio Amustia, Bagansiapi Api Tempo Dulu 2021
Sedarmayanti, Gumelar, 2018 Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Pariwisata, Bandung : Refika Aditama
Siagian, A. O., & Haudi, H. IMPLEMENTATION OF THE DECISION TREE MODEL ON MACHINE LEARNING TO PREDICT POTENTIAL NEW STUDENTS.
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1992 Tentang Benda Cagar Budaya
Wibowo, Agus Budi. Strategi Pelestarian Benda/Situs Cagar Budaya Berbasis Masyarakat Kasus Pelestarian Benda/Situs Cagar Budaya Gampong Pande Kecamatan Kutaraja Banda Aceh Provinsi Aceh.Jurnal Konservasi Cagar Budaya Borobudur. Vol. 8 : hal 58-71
Wijoyo, H. (2021). A Study To Explore Socio-Economic Factors In The Development Of Local Communities. Available at SSRN.
Wijoyo, H. (2021). Predictors That Leads To Socio Economic Success Of Local Communities. Available at SSRN.
Wijoyo, H. (2021). Success Factors in Achieving Socio-Economic Development in Local Communities. Available at SSRN.
Wijoyo, Hadion, An Analysis of Factors Bringing to Socio Economic Growth in Local Communities (December 23, 2021). Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=3992240
Wijoyo, Hadion, The X Factor of Employee and Team Innovativeness in The Healthcare Industry (December 23, 2021). Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=3992246