PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL UNTUK WOMENPRENEURS DI MASA PANDEMI COVID-19 (LITERATUR REVIEW SUMBER DAYA MANUSIA)
DOI:
https://doi.org/10.56445/jme.v2i1.58Keywords:
bisnis, media sosial, daya tahan, womenpreneursAbstract
Wirausahawan wanita adalah seorang pengusaha wanita yang dapat mengelola perusahaan atau bisnis. Dalam menjalankan bisnis harus memiliki strategi agar dapat bertahan dalam segala kondisi dan memiliki ketahanan bisnis yang kuat, terutama pada saat pandemi Covid-19 seperti saat ini. Salah satu strateginya adalah dengan memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk terus mengembangkan omzet penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali data dan informasi terkait penggunaan media sosial bagi wanita yang memiliki usaha pada saat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review. Jumlah artikel yang ditemukan sebanyak 10 artikel yang kemudian dikelompokkan berdasarkan konsep dan pembahasan yang sama dengan topik yang diangkat. Hasil dari penelitian ini adalah media sosial sangat bermanfaat untuk meningkatkan omset penjualan pada saat pandemi Covid-19.
References
Anggadwita, Grisna, and Wawan Dhewanto. 2016. “The Influence of Personal Attitude and Social Perception on Women Entrepreneurial Intentions in Micro and Small Enterprises in Indonesia.” International Journal of Entrepreneurship and Small Business 27(2–3): 131–48.
Astuti, Sih Darmi, Dwi Eko Waluyo, and Herry Subagyo. 2020. “Pemberdayaan Perempuan Melalui Sekolah Wirausaha Aisyiah Kabupaten Semarang.” Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(1): 71.
Awali, Husni. 2020. “Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19.” BALANCA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 2(1): 1–14.
Bradshaw, S., & Lecturer, P. (2014). Gender , Development and Disasters Connect With Us Find us onFacebook Read our Blog. 1–2
Effendi, Marwan, and Suryana Suryana. 2019. “Women Entrepreneurship Intensions in Indonesia.” 65(Icebef 2018): 230–34.
Elam, A. B., Brush, C. G., Greene, P. G., Baumer, B., Dean, M., & Heavlow, R. (2019). Global Entrepreneurship Monitor 2018/2019 Women’s Entrepreneurship Report. the Global Entrepreneurship Research Association, London Business School, Regents, 8(2).
(Icebef 2018),230–234. Jha, P.,
Joesyiana, Kiki. 2019. “Penggunaan Media Online Shop Dalam Bisnis Pada Wirausaha Wanita (Studi Kasus Pada Pebisnis Wanita Komunitas Shalihah Preneur Melalui Pengelolaan Informasi Dengan Media Sosial).” Jurnal Valuta 5(2): 65–80. https://journal.uir.ac.id/index.php/valuta/article/view/4611/2238.
Latipah, Ipah. 2020. “Pemberdayaan Perempuan Melalui Pemanfaatan Media Youtube Dalam Meningkatkan Keterampilan Wirausaha.” Comm-Edu (Community Education Journal) 3(2): 83.
Makkad, M., & Mittal, S. (2018). Performance-oriented factors for women entrepreneurs – a scale development perspective. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, 10(2), 329–360. https://doi.org/10.1108/JEEE-08-2017-0053
Melissa, Ezmieralda, Muninggar Sri Saraswati, and Fajrie Samahita. 2019. “Pelatihan ‘Lingkungan Media Sosial Kontemporer: Tantangan Dan Peluangnya’ Bagi Perempuan Wirausaha Di Wilayah Jabodetabek.” Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR) 2: 138–43.
Nurhayati, Ade. 2020. “Implementasi Jiwa Wirausaha Dan Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswi Purwakarta.” Eqien: Jurnal Ekonomi dan Bisnis 7(2): 87–94.
OECD. (2020). Covid-19: SME Policy Responses. Oecd 2020, March, 1–55. https://oecd.dam- broadcast.com/pm_7379_119_119680-di6h3qgi4x.pdf
Orser, Barbara, Allan Riding, and Yanhong Li. 2019. “Technology Adoption and Gender-Inclusive Entrepreneurship Education and Training.” International Journal of Gender and Entrepreneurship 11(3): 273–98.
Puguh Kurniawan. 2017. “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh Puguh Kurniawan Universitas Trunojoyo Madura.” Kompetensi 11(2): 217–25. http://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/3533.
Setini, Made et al. 2020. “The-Passway-of-Women-Entrepreneurship-Starting-from-Social-Capital-with-Open-Innovation-through-to-Knowledge-Sharing-and-Innovative-PerformanceJournal-of-Open-Innovation-Technology-Market-and-Complexity.Pdf.”
Soetjipto, Noer. 2020. K-Media Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID-19.
Suyuthi, Nurmadhani Fitri et al. 2019. “Social Capital Capabilities towards IWAPI Business Performance of South Sulawesi Province.” (January 2020).
Verbeek, Jos, Jani Ruotsalainen, and Jan L. Hoving. 2012. “Synthesizing Study Results in a Systematic Review.” Scandinavian Journal of Work, Environment and Health 38(3): 282–90.
Haudi, H., Handayani, W., Musnaini, M., Suyoto, Y., Prasetio, T., Pitaloka, E., ... & Cahyon, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data and Network Science, 6(3), 961-972.
Haudi, H., Rudy, R., & Grace, G. KONSEP EKONOMI DALAM PERSPEKTIF BUDDHIS.
Siagian, A. O., & Haudi, H. IMPLEMENTATION OF THE DECISION TREE MODEL ON MACHINE LEARNING TO PREDICT POTENTIAL NEW STUDENTS.
Wijoyo, H. (2021). A Study To Explore Socio-Economic Factors In The Development Of Local Communities. Available at SSRN.
Wijoyo, H. (2021). Predictors That Leads To Socio Economic Success Of Local Communities. Available at SSRN.
Wijoyo, H. (2021). Success Factors in Achieving Socio-Economic Development in Local Communities. Available at SSRN.
Wijoyo, Hadion, An Analysis of Factors Bringing to Socio Economic Growth in Local Communities (December 23, 2021). Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=3992240
Wijoyo, Hadion, The X Factor of Employee and Team Innovativeness in The Healthcare Industry (December 23, 2021). Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=3992246