PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CBN FIBER PT CYBERINDO ADITAMA

Authors

  • Fajar Kristian Universitas Pamulang
  • Aris Ariyanto universitas pamulang

DOI:

https://doi.org/10.56445/jme.v2i1.57

Keywords:

Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk secara parsial dan simultan terhadap Kepuasan Pelanggan CBN Fiber PT Cyberindo Aditama. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 100 responden dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan kuesioner, studi kepustakaan. Teknik analisa data dengan uji instrument yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji auto korelasi, dan uji heteroskedastisitas, Uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis, yaitu uji t dan uji F.Hasil penelitian diperoleh uji regresi linier sederhana Y = 17.385 + 0.479x1. Y = 5.545 + 0.815x2. Y = 5.164 + 0.842x3.  Dan hasil uji regresi linier berganda Y= 1.344 - 0.028X1 + 0.304X2 + 0.673X3. Ada pengaruh Citra Merek secara parsial dan signifikan dengan nilai t = 4.266, ada pengaruh Harga secara parsial dan signifikan dengan nilai t = 9.376, ada pengaruh Kualitas Produk secara parsial dan signifikan dengan nilai t = 14.004, ada pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk secara simultan dengan nilai F = 74.949. Secara keseluruhan Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 70,1% dan sisanya 29,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar model penelitian ini seperti kualitas pelayanan, pengalaman berlangganan, promosi, serta testimoni orang lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

References

Aaker, David, (1991), Managing Brand Equity; Capitalizing on the Value of Brand Name, Free Press, New York.

Aaker,David. A,2010. Manajemen Ekuitas Merek, alih Bahasa: ArisAnanda. Edisi Revisi, MitraUtama, Jakarta

Abdul Manap. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta. Mitra Wacana Media.

Alfabeta Amirullah. (2001). Perilaku Konsumen. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Anggareni, J. Patricia, D dan Mukery W. 2016. Pengaruh Keanekaragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying di Butik Cassanova Semarang. Jurnal Of Management. Vol 2, No 2.

Asep, Hermawan. 2005. Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif. Jakarta: Gramedia.

Aura Merek: 7 Langkah Membangun Merek yang Kuat. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Benson. 2007. From business strategy to ITaction, Right decisions for a bottonline. Jhon willey andsons, Inc, New jersey.

Buchori Allma, B. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. Christina Widhya Utami. 2010.

Dharmmesta, B. s., dan T.H. Handoko. 2011. Manajemen pemasaran : Analisis perilaku konsumen. Edisi Pertama. Ed BPFE UGM, Yogyakarta

Fandy, Tjiptono, (2011), Pemasaran Jasa, Bayumedia, Malang.

Firmansyah, A., & Mochklas, M. (2018). Analisa Strategi Produk, Harga, Promosi Dan Tempat Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Giras Di Surabaya. Jurnal Eksekutif, 15(1), 281-295

Firmansyah, Anang Muhammad. (2019). CV Peneribit Qiara Media:Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya:

Ginting, Nembah F. Hartimbul. 2012. Manajemen Pemasaran. Cetakan 2. Bandung: Yrama Widya

Haudi, H., Handayani, W., Musnaini, M., Suyoto, Y., Prasetio, T., Pitaloka, E., ... & Cahyon, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data and Network Science, 6(3), 961-972.

Haudi, H., Rudy, R., & Grace, G. KONSEP EKONOMI DALAM PERSPEKTIF BUDDHIS.

Indrasari, Meithiana. (2019). Unitomo Press:Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya:

Johns, Ted. (2003). Pelayanan Pelanggan yang Sempurna. Kunci Ilmu

Kotler dan Gary Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta. Erlangga. 125

Kotler Dan Keller. 2015. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13, Jakarta. Erlangga

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15thEdition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Lupiyoadi, R dan A.hamdani. 2013. Manajemen pemasaran jasa. Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Lupiyoadi. (2001). Service Quality dalam Pemasaran. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat. Dharmmesta, B. s., dan T.H. Handoko. 2011. Manajemen pemasaran: Analisis perilaku konsumen. Edisi Pertama. Ed BPFE UGM, Yogyakarta.

Mizan Publika. Sutisna, (2002). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Peter, J. Paul and Jerry C. Olson. (2006). Consumer Behavior and Marketing Strategy. The McGraw-Hill Companies, Inc.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller,2012, Manajemen Pemasaran ed.Ketiga Belas . Jilid 2 Terjemahan oleh BOB Sabran MM: Penerbit Erlangga.

Prasetyo, Bambang, Lina Miftahul Jannah, Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Rangkuti, Freddy. ((2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Roslina. 2010. “Citra Merek: Dimensi, Proses Pemngembangan Serta Pengukurannya.” Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 6 No 3, Mei 2010: 333-346.

Samsul Ramli, Bacaan Wajib Para Praktisi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Jakarta: Visi media, 2013

Schiffman,L.G,Kanuk,L.L.(1997). Consumer Behavior 6th edition. Singapura Publiser: Prentice Hall. Simamora, Bilson. 2003.

Siagian, A. O., & Haudi, H. IMPLEMENTATION OF THE DECISION TREE MODEL ON MACHINE LEARNING TO PREDICT POTENTIAL NEW STUDENTS.

Stanton, W.J. (1997). Fundamental of Marketing. Tokyo: Mc. Graw-Hill Book.

Stanton, William, (1997). Fundamental of Marketing, Mc. GrawHill Book, Tokyo. Sutisna, SE, M. (2001). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: Rosdakarya

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. cetakan ke Bandung. Alfabeta

Susanto, A B dan Wijarnako, Himawan. (2004). Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta:

Vinci, Maharani, 2009. Strategi Pemasaran, Jakarta: Inti Prima Promosindo

Wijoyo, H. (2021). A Study To Explore Socio-Economic Factors In The Development Of Local Communities. Available at SSRN.

Wijoyo, H. (2021). Predictors That Leads To Socio Economic Success Of Local Communities. Available at SSRN.

Wijoyo, H. (2021). Success Factors in Achieving Socio-Economic Development in Local Communities. Available at SSRN.

Wijoyo, Hadion, An Analysis of Factors Bringing to Socio Economic Growth in Local Communities (December 23, 2021). Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=3992240

Wijoyo, Hadion, The X Factor of Employee and Team Innovativeness in The Healthcare Industry (December 23, 2021). Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=3992246

Downloads

Published

2022-08-16

Issue

Section

Articles