PENGARUH KARAKTERISTIK MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA

Authors

  • Dini Haryati IAI Nusantara Batanghari Muara Bulian

DOI:

https://doi.org/10.56445/jme.v2i1.56

Keywords:

Karakteristik Marketing, Kepuasan Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik marketing terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Muara Bulian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi Pustaka, observasi, interview (wawancara), dan angket. Populasi penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Muara Bulian. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 250 nasabah. Sampel dalam penelitian ini adalah 75 nasabah. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner, metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Dengan bantuan alat analisis software SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel karakteristik marketing (teitis, etis, realistis, dan humanistis) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Muara Bulian. Dan secara parsial karakteristik marketing (teitis, etis, realistis, dan humanistis) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia.

References

Adiwarman Karim, Bank Islam Analisis Fiqh Dan Keuangan Jakarta: PT Raja Grafindo, 2006.

Albert Kurniawan, Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis Bandung: Alabeta, 2014.

Bambang Juanda, Ekonomimetrika pemodelan dan pendugaan, Bogor: IPB PRESS, 2009.

Dolarosa, Ifra Aldia, 2014, Pengaruh Karakteristik Syariah Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Mandiri Syariah Cabang Jember.

Dwi Priyatno, Mandiri Belajar SPSS, (Statistical Product And Solution) Untuk Analisis Data Dan Uji Statistic, Yogyakarta: Mediakom, 2008.

Eddy Roflin, Dkk, Populasi, Sampel, Variabel Dalam Penelitian Kedokteran, Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Management, 2021.

Etta Mamang Sangadji Dan Sopiah, Prilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian, Yogyakarta: Andi, 2013.

Fiara Firdanila, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bmt Al Aqobah Pisri Palembang, Palembang: Uin Raden Fatah, 2017.

Fiara Firdanila, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bmt Al Aqobah Pisri Palembang, Palembang: Uin Raden Fatah, 2017.

Haudi, H., Handayani, W., Musnaini, M., Suyoto, Y., Prasetio, T., Pitaloka, E., ... & Cahyon, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data and Network Science, 6(3), 961-972.

Haudi, H., Rudy, R., & Grace, G. KONSEP EKONOMI DALAM PERSPEKTIF BUDDHIS.

Hendri Tanjung Dan Abrista Devi, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, Bekasi: Gramata Publishing, 2013.

Hermawan Kartajaya Dan Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing, (Bandung: PT Mizan Pustaka,2010), hal. 62

Hermawan Kartajaya Dan Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing, Bandung: PT Mizan Pustaka, 2010.

Hermawan Kartajaya, Syariah Marketing (Bandung: PT Mizan Pustaka, 2006), hal. 26

Ifra Aldia Dolarosa, “pengaruh karakteristik syariah marketing terhadap kepuasan nasabah PT. Bank mandiri syariah cabang jember”, Jember: Universitas Jember, 2014.

Kasmir, Pemasaran Bank, Jakarta: Prenada Media, 2015

Khoirotun Nisa, Pengaruh Kualitas, Emosional Marketing Dan Spiritual Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan, Volume 1, No. 1, Februari 2020

Kotler Philip, & Keller Kevin Lane, Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Erlangga, 2009

Langgeng Setyono, Pengaruh Islamic Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Pada Bank Muamalat Cabang Malang, Volume 4, No.2 May-Juli 2021.

M Haris Saputra, Pengaruh Karakteristik Syariah Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pembantu Uin Raden Fatah Palembang, (Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah, 2017), hal. 1

Malhotra, Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2005.

Muh Ayub R & Syamsul Bachri, “Pengaruh Karakteristik Syariah Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada BNI Syariah Kota Palu”, Vol.7 No. 4 Oktober 2021.

Muh Nur Eli, Bank Konvensional Dan Bank Syariah (Bekasi Barat: CV Wahana Bina Prestasi,2013), hal. 27

Siagian, A. O., & Haudi, H. IMPLEMENTATION OF THE DECISION TREE MODEL ON MACHINE LEARNING TO PREDICT POTENTIAL NEW STUDENTS.

Wijoyo, H. (2021). A Study To Explore Socio-Economic Factors In The Development Of Local Communities. Available at SSRN.

Wijoyo, H. (2021). Predictors That Leads To Socio Economic Success Of Local Communities. Available at SSRN.

Wijoyo, H. (2021). Success Factors in Achieving Socio-Economic Development in Local Communities. Available at SSRN.

Wijoyo, Hadion, An Analysis of Factors Bringing to Socio Economic Growth in Local Communities (December 23, 2021). Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=3992240

Wijoyo, Hadion, The X Factor of Employee and Team Innovativeness in The Healthcare Industry (December 23, 2021). Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=3992246

Downloads

Published

2022-08-16

Issue

Section

Articles