PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN HARGA POKOK PENJUALAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA SEKTOR OTOMOTIF DAN KOMPONENENYA DI BEI
DOI:
https://doi.org/10.56445/jme.v1i2.33Keywords:
Production Costs, Cost of Goods Sold and Sales VolumeAbstract
Pelaksanaan penjualan memiliki tujuan untuk mendorong penjualan baik produk maupun jasa dalam suatu ruang lingkup perusahaan, dan merupakan suatu syarat dalam mengunggulkan persaingan pasar yang bersifat kompetitif. Beberapa pengusaha selalu melaksanakan pertimbangan yang mengarah ke program penjualan yang merupakan suatu instrumen yang paling potensial dan bersifat kompetitif. Kotler dan Kevin Lane (2009) mengemukakan dalam penjualan terdapat konsep yang menyatakan bahwa konsumen, jangan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif Konsep ini beranggapan bahwa konsumen biasanya menampakkan keengganan membeli dan harus dipikat agar membeli lebih banyak, dan bahwa perusahaan harus menggunakan serangkaian alat penjualan dan promosi yang efektif guna merangsang pembelian dalam jumlah yang lebih banyak. Hasil penelitian adalah Biaya produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan.Harga pokok penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan. Biaya produksi dan harga pokok penjualan positif dan signifikan terhadap volume penjualan.