EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN PROGRAM BEASISWA SEKOLAH PERMATA PAKET C PLUS DI YAYASAN SUTRA BAKTI
DOI:
https://doi.org/10.56445/jme.v4i2.181Keywords:
Efektivitas, Program Beasiswa, Paket CAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program beasiswa Permata Paket C di Yayasan Sutra Bakti dan mendeskripsikan efektivitas pelaksanaan program beasiswa Permata Paket C di Yayasan Sutra Bakti. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan April 2023. Subjek penelitian ini adalah Ketua Yayasan Paket C, tutor sekolah, siswa Paket C dan masyarakat. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan bahwa faktor pendukung pelaksanaan program beasiswa Sekolah Permata Paket C Plus di Yayasan Sutra Bakti adalah a) siswa yang melanjutkan sekolah paket C mendapatkan biaya dari yayasan yaitu biaya sekolah dan biaya hidup selama mengikuti program sekolah paket C, b) beasiswa paket C akan memberikan bekal pengetahuan mengenai sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan saat bekerja, kemudian setelah lulus dari paket C siswa dapat langsung bekerja, c) program paket C berupaya mencerdaskan bangsa setara dengan lulusan SMA, d) program kesetaraan Paket C dengan beasiswa ini berupaya menyetarakan lulusan paket C dengan ijazah SMA. Kemudian, efektivitas pelaksanaan program beasiswa Sekolah Permata Paket C Plus di Yayasan Sutra Bakti terbukti efektif. Hal ini dikarenakan paket ini dapat menyediakan tenaga kerja yang setelah lulus dapat langsung bekerja di masyarakat yang memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan.
References
Ansori. (2008). Psikologi Perkembangan. Rineka Cipta
Barnawi & M. Arifin. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Ar-Ruzz Media.
Budiani, Ni Wayan. (2007). Efektivitas Program Penanggulangan Pengangguran Karang Taruna “Eka Taruna Bhakti” Desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi dan Sosial INPUT. Vol.2 (1). (https://ojs.unud.ac.id/index.php/input/article/view/3191, diakses tanggal 18 Desember 2022).
Chung, Kae. E. and Megginson, Leon. C. (1981). Organisasi Bihavior; Development. Hopper Publishar.
Drucker, Peter. (1964). Managing for result. Harper & Row.
Firdausha, Zahrina. 2015. Efektivitas Program Kesetaraan Kelompok Belajar Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat 11 Manggarai . (https://www.neliti.com/id/publications/308741/efektivitas-program-kesetaraan-kelompok-belajar-paket-c-di-pusat-kegiatan-belaja, diakses tanggal 18 Desember 2022).
Gafur, Abdul. (2008). Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa. Penebar Plus
Gibson, J. (2011). Organisasi Perilaku Struktur Proses. Bina Pura Aksara.
Gibson, James L., John M. Ivancevich, dan James H. Donnelly. (2003). Organizations Behaviour, Structure and Process. 8th ed. Richard D. Irwin Inc.
Laia, A. (2021). Mekanisme Dan Persyaratan Beasiswa Daerah. Jurnal Abdimas. Mutiara, 2, 226–236. (http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JAM/article/view/1967) Diunduh tanggal 15 Maret 2023. Pukul 09.00 Wib.
Marzuki, Shaleh. (2012). Pendidikan Nonformal Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi. Remaja Rosdakarya.
Moleong., Lexi J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Muhyadi. (1989). Organisasi: Teori, Struktur dan Proses. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Poerbakawatja, Soegarda dan H.A.H. Harahap. (1982). Ensiklopedi Pendidikan. Gunung Agung.
Subagyo, Pengestu. (2000). Manajemen Operasi. Edisi Pertama. BPFE.
Supriyono, R.A, (2000). Akuntansi Biaya : Perencanaan dan Pengendalian Biaya serta Pembuatan Keputusan. Edisi Kedua. BPFE.
Robbins, Stephen P. (1994). Teori dan Organisasi: Struktur, Desain dan Aplikasi Edisi 3. Arcan.
Rusdiani, D. H. (2021). Manajemen Mutu Terpadu. Yrama Widya.
Zuldafrial dan Lahir, M. (2012). Penelitian Kualitatif. Yuma Pustaka.