PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP METTA MAITREYA PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.56445/jme.v4i2.180Keywords:
Lingkungan Belajar, Metode Pembelajaran, dan Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Metta Maitreya Pekanbaru. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Metta Maitreya Pekanbaru yang berjumlah 100 orang dengan sampel penelitian sebanyak 100 orang. Hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan prosedur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan penyebaran angket telah terlaksana dengan baik, sehingga diperoleh hasil bahwa pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,542 (54,2%). Kemudian, pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,685 (68,5%). Sedangkan, pengaruh lingkungan belajar dan metode penelitian terhadap hasil belajar secara bersama-sama sebesar 0,744 (74,4%). Melalui hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan lingkungan belajar, metode pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Metta Maitreya Pekanbaru. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar dapat ditingkatkan melalui perbaikan lingkungan belajar dan metode pembelajaran, baik secara parsial (sendiri) maupun simultan (bersama-sama).
References
Ahmadi, A., Prasetya, J.T. (2015). Strategi Belajar Mengajar. CV. Pustaka Setia.
Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas xi ips sma negeri 1 sewon bantul tahun ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1)., (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/921/732, diakses tanggal 10 Mei 2023).
Ali, M. (2007). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru. Algesindo.
Amri, Sofan. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustaka.
Anggraini, Y., Patmanthara, S., & Purnomo, P. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(12), 1650-1655., (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10316/4942, diakses tanggal 10 Mei 2023).
Anitah, Sri dan Supriyati, Yetti. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Universitas Terbuka.
Arifin, Zaenal. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Ginting, Abdurrahman. (2014). Esensi praktis belajar pembelajaran. Humaniora.
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Hamiyah, N., Jauhar, M. (2014). Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Prestasi Pustakaraya.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. PT Remaja Rosdakarya.
Jihad, Asep dan Haris, Abdul. (2010). Strategi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.
Komalasari, Kokom. (2017). Pembelajaran kontekstual: konsep dan aplikasi. Refika Aditama.
Prihatini, E. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2). (https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/1831, diakses pada tanggal 10 Mei 2023).Rosana, L. N. (2014). Pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar sejarah siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1), 34-44. (http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jps/article/view/991, diakses pada tanggal 10 Mei 2023).
Rustiana, A., & Chalifah, N. (2012). Pengaruh lingkungan belajar dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa SMA N 1 Jekulo Kudus. Dinamika Pendidikan, 7(1). (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/view/4914, diakses pada tanggal 10 Mei 2023).
Sanjaya, Wina (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan ( Cetakan ke 12). Kencana Prenada Media.
Sani, R.A. (2019). Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. (1989). Metode Penelitian Survei. LP3ES.
Sutikno, Sobry. (2014). Metode & model-model pembelajaran. Holistica.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.
Uno, Hamzah B. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Wiyono, Bambang Budi. (2003). Hubungan Antara Lingkungan Belajar. Forum Penelitian.