MANAJEMEN KOMPESNSASI PERSPEKTIF HAJI UMRAH MAYOR

Authors

  • Muhammad Faqih Wiguna Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Alif Nur Fadzilah UIN WALISONGO
  • Rizky Damayanti Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • M. Fathin Fada Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Muhammad Zakarya Chakampai Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Fania Mutiara Savitri

DOI:

https://doi.org/10.56445/jme.v3i2.122

Keywords:

Manajemen Kompensasi, Biro travel, Haji, Umroh

Abstract

Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam Biro Travel Haji dan Umroh, kompensasi tidak hanya mencakup aspek finansial, tetapi juga melibatkan elemen psikologis dan emosional. Karyawan dalam industri ini cenderung berdampak secara mendalam secara psikologis oleh sifat pekerjaan yang bersifat spiritual. Kompensasi bukan hanya sebagai insentif materi, tetapi juga sebagai pengakuan terhadap nilai spiritual dalam menjalankan tugas mereka. Dampak psikologis ini memberikan motivasi yang lebih dalam, tetapi sekaligus menjadi tantangan karena memerlukan manajemen yang sensitif terhadap kebutuhan spiritual karyawan. Selain itu, strategi kompensasi juga berfokus pada retensi karyawan, mengingat keberlanjutan hubungan dengan pelanggan dalam perjalanan spiritual sangat penting. Dalam hal ini, efisiensi dan efektivitas operasional tercapai melalui strategi kompensasi yang tidak hanya menawarkan insentif finansial, tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang mendukung pertumbuhan spiritual dan profesional karyawan. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang dinamika manajemen kompensasi yang unik dalam industri perjalanan yang bersifat spiritual.

References

Aryanti, D., & Prasojo, E. (2021). Manajemen Pengetahuan Pada Sektor Publik: Sebuah Tinjauan Literatur Sistematis. Academia Praja: Jurnal Ilmu Politik, Pemerintahan, dan Administrasi Publik, 4(2), 333-357.

Asnawi, M. (2016). Hubungan Antara Kompensasi dan Prestasi Kerja. Warta Dharmawangsa, (50).

islamiyah Fitria, F. (2023). Kajianliteratur: Pengukuran Kinerja Pemandu Haji. Sharing: Journal of Islamic Economics, Management and Business, 2(1), 130-138.

Lamazido, M. A. (2013). Strategi Promosi Jasa Perjalanan Haji dan Umroh Melalui Media Website. Jurnal Manajemen Dakwah. Semarang:, Univesitas Islam Negeri Walisongo.

Manurung, K. A., & Purnomo, D. B. (2022). Peranan Manajemen Sumberdaya Manusia dalam Organisasi. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 21(2), 128-138.

Nugraha, A., & Tjahjawati, S. S. (2017). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 3(3), 24-32.

Ritonga, S., & Nadirah, I. (2022). Penyelesaian Sengketa Wanprestasi oleh Travel Umroh atas Jamaah Haji Furoda atau Umroh di Indonesia. Jurnal Moralita: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 62-76.

Downloads

Published

2024-02-28

Issue

Section

Articles