EVALUASI MANASIK UMRAH DI KBIH AL-MUJAHIDIN JEPARA DITINJAU DARI LIMA LAYANAN: TANGIBILITY, RESPONSIVENESS, RELIABILITY, EMPATHY, DAN ASSURANCE
DOI:
https://doi.org/10.56445/jme.v3i2.119Keywords:
Layanan, Manasik, UmrahAbstract
- Tangibility adalah salah satu dimensi kepuasan pelanggan yang termasuk dalam konsep ServQual, yang mencakup lima dimensi yaitu tangibility, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Tangibility mencakup aset fisik yang dapat dilihat oleh pelanggan, seperti perabotan, kualitas produk, keterampilan karyawan, sarana komunikasi, dan layanan khusus. Reliability dalam layanan merujuk pada kemampuan suatu perusahaan dalam memberikan pelayanan yang dijanjikan dengan segera, akurat, dan memuaskan. Reliability adalah salah satu dimensi kepuasan pelanggan yang termasuk dalam konsep ServQual, yang mencakup lima dimensi yaitu tangibility, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Lima dimensi kualitas pelayanan yaitu Tangible (Berwujud), Reliability (Kehandalan), Responsiviness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan) dan Emphaty (Empati). Dimensi tangible (berwujud) merupakan penampilan fasilitas fisik, peralatan, personal dan media komunikasi dalam pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengevaluasi pelaksanaan bimbingan layanan manasik ibadah umrah yang diberikan beberapa perusahaan travel ibadah umrah di Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mana data diperoleh dari hasil wawancara peneliti sebelumnya dengan topic yang relevan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data peroleh dari hasil studi pustaka, mengumpulkan data yang akurat dari berbagai sumber yang relevan dengan studi dalam penelitian. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam evaluasi pelayanan umrah menghasilkan pelayanan yang memuaskan bagi para calon jamaah umrah.
References
Al Hafidh, B., & Romli, S. (2021). IMPLEMENTASI PELAYANAN CALON JAMAAH HAJI PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI HARAMAIN KOTA PEKANBARU. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi, 3(2), 102-110.
Andi.Chulaifi, Muhammad In’amul, Endang Setyowati. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Travel Umrah Dan Haji Pada Pt. Sebariz Warna Berkah Di Surabaya. Jurnal Hasil Penelitian LPPM Untag Surabaya. Januari 2018, Vol. 03, No. 01, hal 40-54.
Aprilia Andani Putri dan Musthofa Hadi. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Travel Brow Lumajang. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis. E-ISSN: 2407-5523. ISSN: 2407-3741.
Aryska, Metha. (2017). Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (Kasus Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru). JOM FISIP. Vol. 4 No. 1 –Februari 2017.
Barnes, J. G. (2013). Secret of Customer Relationship Management (Rahasia. Manajemen Hubungan Pelanggan).Yogyakarta:
Dharma, Robby. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi. Vol. 6, No. 2, Oktober 2017, Hal 349-359 ISSN: 2301-5268 | E-ISSN :2527-9483
Duygun Adnan, S. Ahmet Menteş, and Ahmet Kubaş. (2014). The Relationship between Corporate Reputation and Service Quality: A Study on Fast-Moving Consumer Goods Market. International Journal of Humanities and Management Sciences (IJHMS). Volume 2, Issue 3 (2014) ISSN 2320–4044 (Online).
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hakim, H. L. (2017). Kualitas Pelayanan Haji Oleh Kelompok Bimbingan Manasik Haji (KBIH) Annihayah Karawang. Jurnal Politikom Indonesiana, 2(1), 29-29.
Haryono, Gampo. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Bank Kerinci. JIPI Vol. 1 No. 1, November 2017. 17 –27.
Hasan Ali, (2013). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan, cetakan pertama, penerbit: CAPS, Yogyakarta.Hidayat Rachmad, Sabarudin Akhmad, Machmud. (2015). Effects Of Service Quality, Customer Trust And Customer Religious Commitment On Customer Satisfaction And Loyalty Of Islamic Banks In East Java. Al-Iqtishad.Vol. VII No. 2, Juli 2015.
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Muna, M., Amaluddin, A., & Iman, B. (2022). Organizing Hajj Manasik as an Effort to Increase Knowledge of Hajj for Prospective Hajj Pilgrims at the Office of the Ministry of Religion of Enrekang Regency. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 237-246.
Ningsiwi, H. A. (2022). MANAJEMEN PELAYANAN BIMBINGAN MANASIK KBIH MUSLIMAT NU BALIKPAPAN DI MASA PANDEMI. Multazam: Jurnal Manajemen Haji dan Umrah, 2(2), 193-207.
Taufikurrahman, T., Wasliman, I., & Dianawati, E. (2023). Manajemen Bimbingan Manasik Haji Dalam Membina Kemandirian Calon Jamaah Haji. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(2), 309-328.
Yuwati, S. (2022). Pelaksanaan dan Evaluasi Bimbingan Manasik Haji Tahun 2019 Di Kementrian Agama Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).