DUA TAHUN SEBAGAI CUSTOMER SERVICE OFFICER PADA PT. BANK CENTRAL ASIA, TBK.: SEBUAH NARASI AUTOBIOGRAFI

Authors

  • Cindy Vinella Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Indonesia
  • Carmel Meiden Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56445/jme.v3i1.111

Keywords:

Customer Service Officer, Cross Selling, Melayani Transaksi, Kinerja, Akuntabilitas

Abstract

Penulis sebagai mahasiswa akuntansi mengalami langsung setiap pengalaman yang diamati dalam penelitian ini. Serangkaian kegiatan triangulasi dilakukan di Kantor Cabang Pembantu tempat peneliti bekerja. Rangkaian cerita yang ditulis merupakan cerminan diri Anda dalam keseharian sebagai Customer Service Officer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami secara mendalam kinerja & tanggung jawab profesi Customer Service Officer dalam kerangka awal dorongan sasaran dan adanya teladan ketika menghadapi tantangan hingga titik puncak kepribadian penulis. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian otobiografi naratif kualitatif, alasan penggunaan pendekatan ini adalah untuk mengungkapkan pengalaman sosial objek penelitian yang dalam bentuk penyajiannya dilakukan dengan alur-alur yang disusun secara kronologis. Hakikat penelitian kualitatif narasi otobiografi adalah sifat manusia yang sering bercerita disertai curahan emosi di setiap kalimatnya sehingga pendengar sekaligus dapat memahami dan menggambarkan kondisi yang dialami pembaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan teknik analisis data reduksi, penemuan, dan sintesis. Metode kualitatif berangkat dari pengamatan terhadap suatu objek yang dilakukan secara menyeluruh dan deskriptif. Metode kualitatif berisi pengumpulan data dan pengolahan data yang umumnya bersifat observasional dari awal sampai akhir. Hasil penelitian ini terangkum dengan metode yang digunakan oleh seorang mahasiswa akuntansi yang menjalani kesehariannya sebagai Customer Service Officer dan dalam proses pencapaian target kerja adalah dengan membuat daftar, menentukan skala prioritas, dan memberikan upaya total dalam setiap urusan. kesempatan yang telah dipercayakan kepadanya, puncak karirnya akan tercapai secara perlahan.

References

Bca. (2016). Konsisten Berikan Pelayanan Perbankan Berkualitas kepada Nasabah, BCA Raih Penghargaan di Service Quality (SQ) Award 2016. Bca.Co.Id. https://www.bca.co.id/id/tentang-bca/media-riset/pressroom/siaran-pers/2022/01/21/09/08/bca-raih-penghargaan-di-service-quality-sq-award-2016

CNN Indonesia. (2023). Dalih BSI soal Nasabah Sulit Ambil Uang dan Bertransaksi Senin Kemarin. Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230509080753-78-947010/dalih-bsi-soal- nasabah-sulit-ambil-uang-dan-bertransaksi-senin-kemarin

Creswell, J. W. (1994). Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. Sage Publications.

Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Eriyanto. (2013). Analisis Naratif, struktur narasi Tzvetan Torodov. Kencana.

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran. Prentice Hall.

Schnaars, S. P. (1991). Marketing Strategy : A customer Driven Approach. The Free Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wikipedia. (2023). Bank Central Asia. Wikipedia.Org. https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Central_Asia

Downloads

Published

2023-08-30

Issue

Section

Articles